PEMBANGUNAN DESA CILEUNGSI

Di sini saya akan memberikan suatu gagasan saya untuk masalah bentuk pembangunan di Desa Cileungsi yang berada di Provinsi Jawa Barat.
Menurut saya Desa Cileungsi merupakan desa yang cukup luas.karena letak nya yang strategis. Wilayah ini merupakan salah satu akses untuk menuju kota-kota besar di Jawa Barat dan Jakarta, misal Bekasi, Bogor, Jakarta bahkan Bandung.
Desa ini bukan hanya strategis namun cukup luas daerahnya. Menurut saya, desa ini sudah lumayan maju untuk masalah pembangunan. Misalnya, sekarang banyak sekali perumahan elite yang ada di desa ini. Seperti perumahan Metland Transyogi, yaitu salah satu perumahan yang cukup elite dikalangan masyarakat.
Dan di desa ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas dari sisi ekonomi termasuk dari pasar tradisional ataupun modern, terminal bus, angkutan umum yang mudah dicari.
Dan dari sisi pendidikan, sudah ada banyak sekolah-sekolah yang tersedia. Mulai dari PG-Sekolah Tinggi pun sudah ada.
Tetapi masih banyak sekali kekurangan dari desa ini. Apalagi desa ini merupakan desa yang cukup terkenal, dikalangan masyarakat.
Kekurangan yang terdapat di desa ini tidak luput dari kebersihan, fasilitas jalanan yang masih rusak, kemacetan dll. Dan di desa ini juga saya lihat kurangnya lahan penghijauan sehingga desa ini terkenal dengan debu karena desa ini juga merupakan salah satu wilayah industri.
Saya akan memberikan salah satu apa saja yang ada di desa ini dan akan membrikan gagasan saya terhdap hal tersebut.
1.      Flyover Cileungsi
Hasil gambar untuk cileungsi
Flyover cileungsi merupakan salah satu akses jalan yang sangat terkenal di desa ini. Tetapi masih banyak sekali kekurangan yang ada di flyover ini.
Salah satunya adalah banyak sekali angkutanan umum yang berhenti sembarngan atau ngetem untuk mencari penumpang di bawah flyover, sehingga menimbulkan kemacetan.
Dan di bawah flyover ini ada 4 jalan uatama yang menujur ke arah Jonggol, Cibubur, Gn. Putri, dan Bekasi. Namun sayangnya dijalan perempatan seperti ini seharusnya tersedia Lampu merah, zebracross, trotoar dll. Namun sayangnya fasilitas tersbut tidak tersedia, sehingga sering sekali terjadi kemacetan yang sangat parah. Dan untuk jalan penyebrangan atau zebracross tidak ada.
Dijalan ini juga banyak sekali pedagang asongan atau pedagang kaki lima yang sembarangan berjualan di atas trotoar sehingga jalan tersebut tertutup oleh pedagang.

Hasil gambar untuk cileungsi

2.      Pasar Modern
Hasil gambar untuk ramayana cileungsi  Hasil gambar untuk cileungsi

Pasar modern bagi masyarakat desa ini tidak asing lagi bagi mereka. Tetapi sejumlah pasar modern yang terdapat di gambar sat ini sudah sepi pengunjung karena kurang nyamannya lokasi. Terlihat kumuh dan masih kotor kebersihannya sehingga masyarakat lebih memilih pasar modern lainnya yang terdapat di desa ini seperti Giant, Superindo, dll.



3.      Pasar Tradisional
Hasil gambar untuk pasar cileungsi  Hasil gambar untuk pasar cileungsi

Masyarakat di desa ini sangat mengharapkan keadaan pasar yang bersih dan tidak bau alias wangi. Dari waktu ke waktu memang terlihat jelas perubahan pasar di Cileungsi ini yang sudah berubah. Yang sebelumnya pasar ini sangat sempit, bau dan banyak sampah. Berubah menjadi pasar yang memilikin ruko-ruko, karena sebelumnya sempat terjadinya peristiwa kebakaran yang terjadi di pasar tersebut, sehingga pasar ini di bangun kembali, tetapi masih saja banyak sampah bertebaran.

4.      Terminal Bus
Hasil gambar untuk terminal cileungsi

Fasilitas pembangunan di desa termasuk terminal bus ini sudah cukup melengkapi. Karena banyaknya bus yang bertujuan ke berbagai kota di Pulau Jawa, sehingga masyarakat dapat menggunakannya. Tetapi, bisa kita lihat bahwa di terminal ini jarang sekali masyarakat yang naik bus dari terminal ini karena di dalam terminal ini sangat lah tidak bersih. Banyak sekali sampah bertebaran dimana-mana sehingga masyarakat enggan datang le terminal. Dan lebih memilih naik bus di pinggir jalan.

5.      Wilayah penghijauan
Di desa ini seharusnya perlu dibangun wilayah penghijauan yang banyak, karena desa ini banyak sekali pabrik industri di sekitarnya. Sehingga polusi pun tidak bisa dihindari. Saya melihat bahwa, masyarakat akan sangat antusias apabila melihat pembangunan penghijauan seperti taman untuk anak-anak, taman untuk lansia dan lain-lain. Apalagi fasilitas yang tersedia di taman tersebut terlengakpi seperti jaringan Wifi, dan taman yang bebas dari sampah dan polusi. Karena penghijauan juga diperlukan untuk mengurangi adanya polusi dari alam atau dari pabrik industri di sekitarnya.



0 komentar:

Posting Komentar