PROPOSAL TUGAS AKHIR PERENCANAAN DERMAGA DI SUNGAI

PROPOSAL PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
ANALISIS PERENCANAAN DERMAGA SUNGAI









Disusun Oleh :
Desi Sri Rizkiany Yunita
11316839
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
BAB I
PENDAHULUAN

1.1                   Latar Belakang
Kabupaten Merauke sabagai lumbung pangan Indonesia dengan program Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) telah mengundang banyak investor yang bergerak di bidang perkebunan, salah satunya perkebunan tebu untuk produksi gula pasir serta etanol untuk bahan bakar. Dikarenakan tidak adanya material pasir, kerikil dan batu di kabupaten Merauke menyebabkan biaya pembangunan infrastruktur jalan menjadi mahal sehingga masih banyak jalan sebagai sarana penunjang transportasi belum terbangun terutama jalan yang menghubungkan perkebunan ke dermaga di kota Merauke. Dengan kondisi tersebut salah satu investor perkebunan swasta akan membangun dermaga sendiri guna memenuhi kebutuhan perusahaan sekaligus dapat dipergunakan untuk masyarakat umum di lokasi muara sungai Bian di distrik Malind.

1.2                  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dijelaskan di atas, penulis ingin melakukan perencanaan struktur dermaga sungai Bian distrik Malind kabupaten Merauke.
Dermaga ini direncanakan untuk menampung kapal dengan kapasitas maksimum 3000 DWT. Tipe struktur dermaga adalah jetty dengan trestle sebagai penghubung antara lapangan penumpukan dengan dermaga. Panjang trestle 200 m dengan lebar 4 m sementara panjang dermaga 60 m, lebar 10 m dengan ramp up panjang 30 m.

Untuk melihat lebih lanjut, dapat dilihat pada link berikut;
Proposal Tugas Akhir

0 komentar:

Posting Komentar